Waspada Bila Ada Laptop di Sekitar ATM


Polisi mencurigai keberadaan adanya kamera pengintai (spycam) yang terpasang di beberapa ATM di wilayah Denpasar dan Kuta untuk merekam data nasabah yang terhubung ke komputer.

“Saya sudah perintahkan anggota untuk menyisir ATM yang dipasangi spycam. Kita lakukan hal ini bekerjasama dengan pihak bank,” kata Kepala kepolisian kota besar Denpasar Komisaris Besar I Gede Alit Widana, 21 Januari 2010.

Hal ini dilakukan karena polisi mencurigai karena pelaku menggunakan chip untuk merekam data nasabah lalu ada alat sejenis kamera kecil untuk mengawasi gerak jari nasabah saat menekan PIN. Tak jauh dari ruang ATM, ada seseorang yang memantau dengan membawa laptop.

“Dialah yang nantinya akan memasukkan data ke komputer sebagai modal membuat kartu baru yang dapat berfungsi seperti aslinya dan siap untuk digunakan,” kata mantan kapolres Tabanan dan Gianyar ini.

Kapoltabes mengimbau pada masyarakat patut waspada dan curiga jika ada orang yang mengoperasikan laptop di seputaran ATM.

Lokasi yang terpasang spycam dan chips ini biasanya berada di lokasi ATM yang tidak terpasang kamera pengintai (CCTV) yang dipasang pihak bank.

Dengan cara kerja yang cukup sistematis ini, Alit Widana yakin kalau aksi kejahatan ini dikerjakan banyak orang sehingga perlu diungkap dengan cepat.

Laporan : Dewi Umaryati l Bali
vivanews
 
Copyright © SisiSemu 2011 - All right reserved | by Rezza Herlingga